Jangan Abaikan Tanaman Ini Lagi Atau Akan Menyesal Setelah Tahu Khasiatnya!

Tanaman indah yang sering diabaikan ini yaitu tanaman pacar air atau Impatiens balsamina L. Tanaman ini biasanya dipelihara sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah. Namun di beberapa tempat kita juga seringkali menemukan tanaman tersebut tumbuh liar. Tanaman ini sangat mudah dikembangbiakkan, apalagi biji dari tanaman pacar air ini apabila sudah agak menguning yang menandakan bijinya sudah tua maka penutup biji tersebut dapat dengan sendirinya pecah. Hal tersebut yang menyebabkan tanaman pacar air ini dapat dengan mudah bertambah banyak.
Walau menjadi tanaman yang seringkali diabaikan namun ternyata tanaman pacar air ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan lho.

Karena bunga tanaman ini memiliki kandungan seperti  anthocynanin, cynidin, delphinidin, pelargonidin, malvidun, kaempherol, quercetin. Sedangkan bagian Akar mengandung cynidin dan mono glycosine. Dulu waktu saya kecil di sekitar rumah tumbuh banyak tanaman pacar air ini, dulu biasanya saya menggunakan daunnya untuk dilumatkan supaya bisa dipasangkan di kuku jari. Daun tanaman ini dapat dijadikan pewarna kuku atau kuteks dengan warna oranye. Menggunakan kuteks dari bahan alami tentunya akan lebih sehat bagi kuku dong. Itulah salah satu manfaat dari tanaman pacar air. Lalu khasiat lainnya apa lagi?
Biji pacar air : Nisamertha.blogspot.co.id
Dilansir dari Tribunnews.com (30/12/17) dan Manfaatbuahsehat.com (07/17), inilah manfaat-manfaat tersembunyi dari tanaman pacar air bagi kesehatan!
1 . Menyembuhkan beberapa penyakit kulit.
Pacar air dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul, kutil, hingga ruam karena pacar air memiliki zat anti inflamasi. Hanya dengan menghaluskan daun pacar air kemudian dibalurkan ke bisul, niscaya akan segera sembuh.

2. Menyembuhkan bermacam luka.
Pacar air diklaim dapat menyembuhkan luka seperti patah kuku, bengkak, luka digigit ular tak berbisa, rematik, meredakan memar dan nyeri sendi. Untuk ramuannya bisa dengan menghaluskan bunga dan daunnya untuk dibalurkan pada bagian yang sakit.

3. Mengatasi nyeri haid
Tanaman ini dipercaya dapat meringankan nyeri haid, ditambah tanaman ini dapat memperlancar datang bulan pada wanita. Cara meramunya dengan mencampurkan 10 gram daun pacar air, 15 gram umbi rumput teki (Cyperus rotundus L.) dan 15 gram temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.), yang kemudian direbus dengan air secukupnya, disaring  lalu diminum airnya.
Ragam warna bunga pacar air : Bukalapak.com
4. Mengatasi keputihan
Banyak wanita mengalami masalah keputihan yang tak membuat nyaman. Sekarang Ladies bisa manfaatkan tanaman pacar air nih untuk penyembuhan. Cara penggunaannya dengan merebus 30 gram daun segar tanaman pacar air dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

5. Mengobati sakit pinggang, kaku pinggang dan kaku leher
Cocok banget ini untuk Ucers yang sakit untuk bergerak karena penyakit tersebut. Ramuan herbalnya cukup dengan meracik 15 gram akar pacar air, 30 gram akar sawi langit (Vernonia cinerea [L] Lees.), 15 gram jahe merah (Zingiber officinale Rosc.), direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring lalu  diminum airnya. Lakukan 2 kali sehari secara teratur.

6. Mengobati radang usus buntu kronis
Sakit dari radang usus buntu memang sangat menyiksa. Tapi siapa sangka, tanaman yang terabaikan ini bisa menjadi solusi herbal. Caranya dengan 30 gram herba pacar air, 30 gram daun sambiloto (Andrographis panniculata Nees.), direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan minum airnya secara rutin tiap harinya.

Tanaman pacar air memang memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan. Namun harus tetap konsultasi pada dokter bila dalam seminggu belum juga tampak perubahannya pada sakit Ucers. Melansir pula dari buku karya Prof. Hembing Wijayakusuma disebutkan jika mengonsumsi tanaman pacar air sebagai obat herbal hanya dikhususkan untuk P3K pada luka dan atau untuk pengobatan alternatif jangka pendek. Karena jika pemakaian yang terlalu lama, akan memunculkan efek samping seperti mulut terasa kering (xerostomia), mual (neusea), nafsu makan turun (anorexia) yang tapi dapat hilang setelah menurunkan dosis atau menghentikan pengobatan selama 2-3 hari. Pemanfaatan obat herbal tradisional dari pacar air juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ya.
Demikian, khasiat dari tanaman terlantar si pacar air yang bisa dengan mudah kita dapatkan bahannya. Selain merupakan tanaman yang indah untuk tanaman hias, ada manfaat pengobatan yang bisa kita dapatkan dari tanaman pacar air. Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan membantu.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.