Indonesia Diciptakan Ketika Tuhan Sedang Tersenyum, Tempat Ini Buktinya!

'Jangan pernah meragukan alam Indonesia'. Sebagai penulis travel saya sering mebaca kalimat ini, sebagian dari mereka yang mengucapkan kalimat tersebut adalah orang yang telah khatam menjelajah tempat-tempat paling indah di negeri ini. Ada juga ungkapan yang berbunyi 'alam Indonesia diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum' bisa jadi ini benar adanya, untuk membuktikan kebenarannya, kita harus mengunjungi, Kelebba Maja, salah satu tempat paling indah di Bumi Pertiwi.
Indonesiakaya.com
Kelebba Maja adalah bukti betapa indahnya alam Indonesia. Tebing berukir dengan gradasi warna indah mengingatkan akan Grand Canyon di Amerika Serikat sana, hanya saja ini lebih berwarna, merah, pink cokelat dan kelabu mebuatnya sangat indah. Apalagi, ada banyak batu-batu besar yang membentuk formasi ajaib, sebagain besar membentuk kepala jamur. Saat pertama kali melihat, bisa saja, kita tidak akan percaya jika tempat seindah ini ada di Indonesia.
Sporttourism.com
Tempat tidak biasa ini terletak di pedalaman Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Sebagai informasi, pulau Sabu bersama Pulau Raijua merupakan salah satu daerah terluar di Indonesia yang berbatasan dengan perairan Australia. Tidak banyak yang tahu akan tempat ini, maklum, daerahnya cukup terpencil, sehingga geliat wisata tidak terlalu semarak di tempat ini.
Lionmagz.com
Dilansir Saburaijurakab.go.id (12/12/2017) Untuk mencapai tempat ini aksesnya lumayan susah. Dari Jakarta misalnya, perjalanan dimulai dengan pesawat ke Kupang terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan pesawat kecil atau kapal laut yang jadwalnya hanya ada seminggu dua kali ke Pulau Sabu. Pusat keramaian di sini adalah Sabu Barat yang merupakan ibukota kabupaten. Dari sini tidak ada angkutan umum ke Kelebba Maja, pilihannya adalah minta diantar penduduk asli setempat sekaligus sebagai pemandu.
Ya, datang ke Kelebba Maja wajib menggunakan pemandu, karena warga setempat masih mempercayai jika Kelebba Maja adalah kawasan sakral tempat bersemayamnya Dewa Maja atau dewa bagi masyarakat Dusun Kelanalalu, Desa Wadu Medi, Kecamatan Hawu Mehara.
Sporttourism.com
Tebing-tebing Kelebba Maja terdiri dari tiga batu besar yang masing-masing memiliki makna tersendiri batu paling besar asalah bapak, batu kedua adalah ibu dan terkecil melambangkan anak. Sementara ditengahnya terdapat batu yang dijadikan altar persembahan kurban bagi Dewa Maja. Lokasi batu-batu ini dikelilingi oleh batu granite yang juga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Menurut seorang blogger yang pernah datang ke Kelebba Maja, Edy Raguapo, ada ritual khusus yang harus dilakukan oleh warga setempat ketika datang ke seini, yakni dengan mengoleskan buah pinang di beberapa titik. Tapi tenang saja, hal tersebut bukan berarti tempat ini mistis, aman kok, namun tetap harus jaga kesopanan ya.
Indonesiakaya.com
Waktu terbaik untuk mengunjungi Kelebba Maja adalah pada saat musim panas yakni Februari hingga Oktober. Saat itu angin tidak berhembus terlalu kencang dan aman untuk penerbangan maupun kapal laut. Selait itu, pantai-pantai di Pulau Sabu sangat indah dikunjungi saat musim panas, air lautnya sangat jernih dan sepi pengunjung. Dan yang paling penting adalah semua objek wisata di pulau ini bisa dinikmati secara gratis.

Bagaiamana tertarik untuk mengunjungi tempat seindah Kelebba Maja?

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.