Gelap Gulita! Hasil Jepretan Foto Indonesia Dari Satelit Nasa Ini Bikin Sedih

Sekilas jika kita perhatikan memang tidak ada yang aneh pada foto hasil jepretan National Aeronautics and Space Administration atau yang biasa dikenal dengan NASA ini. Namun jika kalian perhatian lebih dalam, Foto tersebut seperti mengungkapkan perataan penduduk di Indonesia.
Referensi gambar: worldview.earthdata.nasa.gov
Dari foto diatas dapat dilihat bahwa pulau Jawa saja yang sangat menonjol pencahayannya. Hal ini memang disebabkan karena hampir 130 juta lebih penduduk di Indonesia itu memadati pulau Jawa. Jadi kalian tidak perlu heran jika pulau Jawa lebih terang karena pencahayaannya, baik itu pencahayaan lapu diperkotaan maupun di desa.
Referensi gambar: worldview.earthdata.nasa.gov
Foto diatas adalah pulau Kalimantan di Indonesia, memang rata-rata di Kalimantan itu terdiri dari hutan dan perkebunan. Seperti yang kamu lihat caya yang muncul pada foto tersebut antara lain berasal dari Banjarmasin (kanan bawah), Balikpapan, Samarinda dan Bontang (kanan atas). Adapun pencahayaan paling terang itu berasal dari kota Pontianak dan satu-satunya di wilayah barat (kiri atas).
Referensi gambar: worldview.earthdata.nasa.gov
Diatas ini adalah foto pulau Sumatera di Indonesia. Bisa kalian perhatikan bahwa masih banyak bagian gelap pada pulau Sumatera, dan sangat jauh berbeda sekali dengan negara tentagga yaitu Malaysia.
Referensi gambar: worldview.earthdata.nasa.gov
Yang satu ini cukup jelas sekali untuk dikenali. Ya, ini adalah foto pulau Sulawesi di Indonesia. Jika kita tilik lagi dari besarnya kota, harusnya kota Makasar-lah yang menjadi kota terbesar di pulau Sulawesi. Namun faktanya adalah Tanah Luwu yang terletak antara kota Palopo dan Bonebone yang paling terang. Pasalnya kota ini memiliki kurang lebih 2 juta penduduk yang mayoritas hidup dari pertanian.
Referensi gambar: worldview.earthdata.nasa.gov
Yap, ini masih di pulau Sulawesi, Indonesia. Bisa kalian perhatikan cahaya yang cukup terang pada bagian atas pulau Sulawesi ini? Benar, itu adalah kota Manado di Sulawesi Utara. Satu-satunya kota yang mampu menyaingi pencahayaan kota tersebut hanya Gorontalo (pada bagian tengah) dan Tertante di Maluku Utara.
Referensi gambar: worldview.earthdata.nasa.gov
Untuk yang satu ini tidak perlu bertanya-tanya lagi, kalian semua pasti menyadari bahwa itu adalah pulau Papua di Indonesia. Bisa kalian perhatikan dan bayangkan betapa gelapnya pulau Papua yang memiliki luas pulau terbesar di Indonesia ini sangat gelap.
Hanya sedikit sekali cahaya yang dapat terlihat di pulau ini, yaitu hanya di kota Jayapura, Oksibil, Marauke, Timika, Sorong dan Manokwari. Fakta yang harusnya memliki area paling gelap adalah puncak Jaya, sangat menjadi ironi sekali bahwa puncak Jaya justru menjadi paling terang di Papua karena cahaya yang berasal dari tambang Grasberg milik Freeport.
Referensi gambar: giphy.com
Ini adalah fakta bahwa Indonesia harus membenahi lagi pemerataan pembangunan, termasuk juga listrik. Kalian dapat mengambil kesimpulan kalian sendiri setelah melihat dan membaca artikel ini. Jaman sudah berkembang sangat pesat dan jangan lagi mau dibohongi tentang pemerataan, apalagi soal listrik.

hanya menyajikan informasi berdasarkan fakta yang ada dan nyata. Artikel ini adalah artikel informasi untuk menambah pengetahuan umum kalian serta wawasan kamu. Sumbangkan aspirasi kalian pada kolom komentar dibawah ini, serta jangan lupa share artikel ini untuk memberitahukan semuanya bahwa Indonesia masih sangat-sangat jauh dari kata berkembang secara menyeluruh.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.