Heboh, Puluhan Telur Dinosaurus Berusia 130 Juta Tahun Ditemukan di Tiongkok

Sejumlah objek aneh berbentuk oval telah ditemukan di sebuah situs konstruksi di Tiongkok. Dan setelah diteliti, ternyata objek tersebut adalah telur dinosaurus! Yang mengherankan adalah, saat ditemukan, keadaan telur fosil masih tergolong bagus, mengingat objek tersebut diestimasi berusia ratusan juta tahun.

Dilansir dari Daily Mail, ada puluhan telur fosil yang ditemukan oleh pekerja konstruksi bangunan sekolah di kota Ganzhou tepat pada hari Natal. Jumlah terpatnya adalah 30 butir.

Dan ternyata menurut media Tiongkok setempat, Ganzhou sendiri memang terkenal sebagai “rumahnya dinosaurus” di Tiongkok – tempat bermukimnya dinosaurus di zaman purbakala.

Situs konstruksi tempat ditemukannya telur dinosaurus via dailymail.co.ukSitus konstruksi tempat ditemukannya telur dinosaurus via dailymail.co.uk
Ditemukan tepat pada tanggal 25 Desember 2017 lalu di wilayah Dayu, Ganzhou, telur-telur fosil ini berupa seperti batu berbentuk oval. Para buruh pekerja yang menemukan sekumpulan “batu oval” di dalam tanah lantas menggunakan peledak untuk menggali permukaan tanah.

Seperti yang Kawan Sumber lihat pada gambar di atas, celah retak yang nampak di permukaan telur fosil tersebut diisi oleh debu dan kotoran berwarna hitam setebal 2 mm.

Para buruh mencurigai bahwa “batu oval” ini adalah telur dinosaurus. Mereka segera menunda proses konstruksi dan melaporkan hal ini kepada polisi setempat, yang kemudian menyegel situs konstruksi tersebut dan memberitahu staf museum lokal.

Telur dinosaurus via dailymail.co.uk
Telur dinosaurus via dailymail.co.uk

Menurut peneliti dari Museum Dayu, seperti yang dilaporkan oleh China News, “batu-batu oval” tersebut adalah telur dinosaurus yang telah menjadi fosil. Telur-telur ini berasal dari zaman Cretaceous, yaitu zaman terakhir dinosaurus sebelum mereka punah.

Hingga saat ini, telur-telur tersebut masih disimpan di dalam museum untuk dipelajari lebih lanjut.

Ganzhou sendiri berada di bagian selatan Propinsi Jiangxi, Tiongkok. Wilayah ini disebut-sebut sebagai kampong halaman dinosaurus. Banyak telur-telur dinosaurus yang ditemukan di kota Ganzhou dan daerah sekitarnya, terutama telur Oviraptor – dinosaurus kecil dan berbulu yang hidup di Mongolia dan Daratan Tiongkok.

Menurut Nature.com, ada 6 spesies dinosaurus Oviraptor yang namanya disadur dari kota Ganzhou, seperti Ganzhousaurus, atau Ganzhou Lizard.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.