Jepang Secara Tidak Langsung Sudah ‘Menampar’ Indonesia. Masih Tidak Malu ?

Dikutip pada laman bbc.com (19/11/17), beberapa hari yang lalu atau lebih tepatnya jum’at 17 november 2017 warga Jepang dihebohkan dengan sebuah kereta yang berangkat 20 detik lebih cepat dari waktu yang sudah dijadwalkan.

Dimana kereta dengan jalur Tsukuba Express yang berangkat dari stasiun Minami Nagareyama, utara Tokyo ternyata berangkat pada pukul 09:44:20 waktu setempat, lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan yaitu pada pukul 09:44:40. Karena hal tersebut, pihak perusahaan meminta maaf dan karena permintaan maaf itu pula  banyak orang yang dibuat terpana.

Di Indonesia, keterlambatan keberangkatan transportasi umum adalah hal yang biasa terjadi. Hampir di semua jenis transportasi umum bisa dikatakan sering mengalami keterlambatan keberangkatan. Hal ini jelaslah sangat bertolak belakang dari apa yang sedang heboh di Jepang belakangan ini, dimana sebuah perusahaan dengan tegas meminta maaf karena kesalahan masinis yang memberangkatkan kereta lebih cepat 20 detik dari jadwal yang sudah ditentukan.

Indonesia sudah seharusnya belajar dari Jepang bagaimana menata dan mengahargai waktu. Di Jepang, berangkat 20 detik lebih cepat sudah merasa bersalah dan meminta maaf. Di Indonesia, berangkat lebih cepat dari waktu yang sudah dijadwalkan terasa mustahil tapi berangkat lebih lama dari jadwal yang sudah ditentukan itu biasa.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.