6 Trik yang Bisa Berguna Saat Keadaan Darurat

Kita harus senantiasa berpikir ke depan, termasuk mempersiapkan segala kemungkinan yang ada. Kadangkala hal-hal di luar perencanaan malah terjadi, dan kita menjadi bingung dan panik bagaimana cara menghadapinya. Berikut ini kami sajikan 6 trik yang mungkin saja akan berguna di masa mendatang.
Trik-trik di bawah ini kami rangkum dari brightside.me (12/12/2017).
  1. Melepaskan diri dari borgol
Melepaskan diri dari borgol adalah hal yang susah-susah gampang. Susah jika anda tidak tahu bagaimana triknya, dan akan menjadi mudah jika anda sudah tahu rahasianya. Coba gunakan batang korek api yang agak diruncingkan (anda bisa melakukannya dengan gigi, kan tangan anda diborgol, hehe), lalu masukkan ke dalam lubang seperti gambar di atas. Ajaib, seperti pesulap profesional, borgol akan terbuka.
 
2. Tempat Penyimpanan Rahasia
brightside.me
Triknya adalah, menyembunyikan benda berharga di tempat yang paling tidak di duga. Misalnya, di bawah kursi atau meja, kalian bisa menyimpan uang, handphone, surat berharga, dengan membuat mekanisme seperti gambar di atas. Bisa juga diganti dengan selotip atau lakban, jika keadaannya benar-benar darurat, misal saat razia handphone di sekolah, bisa tuh hapenya diselotip di bawah kursi. Eh, ini untuk mencegah kejahatan ya! Bukan untuk digunakan berbuat kecurangan!

3. Melepas Ziplock
brightside.me
Ziplock adalah salah satu alat sederhana yang mampu mengikat benda tanpa bisa dikendorkan. Satu-satunya cara adalah memotong tali itu sendiri, dan itu bukanlah hal yang mudah. Biasanya ketika tangan seseorang diikat menggunakan ziplock, secara reflek akan mencoba melepaskan diri dengan menarik kesamping, hal itu hanya akan menyakiti tangan kalian sendiri, dan ziplock akan masih terpasang sempurna. Cara melepaskannya adalah angkat kedua tangan keatas, secara bersamaan tarik salah satu tangan ke bawah sekaligus melebarkan kedua lengan. Niscaya ziplock akan terputus, meski tangan anda pun mungkin akan kesakitan.

4. Mengirim Pesan Rahasia
brightside.me
Untuk menghindari pesan kita terbaca oleh musuh atau lawan, kadang kita perlu menyamarkan pesan tersebut. Salah satu caranya adalah memanfaatkan krayon putih dan spidol hitam. Krayon putih untuk menulis pesan, sementara spidol hitam untuk mengarsir dan memunculkan pesan. Cara lain yang lebih sederhana adalah gunakan lilin untuk menulis di sebuah kertas. Tulisan itu akan tersembunyi dan hanya akan keluar ketika kertas tersebut basah.

5. Memonitor pintu kamar
brightside.me
Kalian penasaran dan curiga kalau ada orang yang memasuki kamar kalian? Tapi kalian nggak punya uang buat pasang cctv? Coba gunakan cara ini, gantungkan tali menggunakan selotip di atas rangka pintu. Ketika pintu terbuka atau tertutup, tali tersebut akan tersangkut di antara pintu dan rangkanya. Gunakan tali yang tipis dan tidak terlalu panjang serta selotip bening agar tidak ketahuan, ilustrasi di atas memakai tali besar dan selotip berwarna hanya untuk keperluan penjelasan.

6. Korek api tahan air
brightside.me
Mau kemah atau naik gunung, tapi takut korek api basah kena hujan? Jangan takut, gunakan cat kuku atau lilin untuk melapisi kepala korek api, niscaya, korek api tersebut akan tetap bisa digunakan walau dalam keadaan basah sekalipun. Silahkan dicoba.
Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Jangan segan berbagi jika kalian merasa artikel ini akan membantu teman atau keluarga anda.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.