Ayo Cek! Kalau Kamu Bisa Melakukan 5 Hal Ini Berarti Sehat dan Awet Muda!

Di zaman modern ini banyak orang disibukkan dengan pekerjaan. Kesibukan itulah yang kadang membuat kita malas untuk berolahraga. Padahal olahraga itu adalah salah satu bentuk investasi kesehatan. Selama Anda tidak olahraga maupun jarang olahraga, seberapa kuat dan lentur tubuh Anda sekarang? Bila kita melihat pada anak-anak kecil yang masih balita, mereka dengan mudahnya bisa melakukan split, sikap lilin, khayang, dan bahkan ada yang bisa mengangkat satu kakinya ke atas kepala. Iya kan?

Mengapa balita bisa melakukan gerakan itu? Karena mereka masih memiliki persendian yang bisa dibilang masih muda dan lentur. Sebenarnya setiap orang sejak lahir memiliki tingkat kelenturan tubuh yang sama, apakah Anda ingat gerakan apa saja yang dulu kecil bisa Anda lakukan tapi kini setelah dewasa sudah tidak bisa Anda lakukan? Ya, itu menandakan bahwa tubuh Anda tidak selentur dulu lagi.

Saat sekolah dulu, pasti kita pernah mendengar kalau tubuh yang sehat adalah tubuh yang memiliki kelenturan, kelincahan, dan kekuatan. Lalu mengapa sih tubuh kita setelah dewasa justru tidak selentur saat kita kecil dulu? Jawabannya adalah kita melupakan pentingnya olahraga, dan seiring berjalannya waktu kita justru tidak mengolah dan mempertahankan kelenturan kita saat kita masih kecil. Kita tidak perlu mengukur kelenturan tubuh dengan membandingkan dengan gerakan-gerakan rumit yang bisa dilakukan atlet maupun balerina. Lalu bagaimana mengecek kelenturan tubuh kita sekarang? Anda bisa mempraktikkan 5 gerakan sederhana yang dilansir dari Brightside.me ini untuk mengetahui apakah tubuh Anda masih lentur atau tidak. Silakan dicoba, kalau perlu pemanasan dulu supaya tidak kecewa ya.

  1. Cek kelenturan sendi bahu Anda.
Brightside.me
Bagaimana, apakah terasa mudah mengatupkan kedua telapak tangan di belakang punggung? Jika ya, berarti selamat Anda lentur tahap 1. Jika sulit, tetaplah latihan kelenturan otot bahu Anda ya.

2. Cek kelenturan tulang belakang Anda.
Brightside.me
Jika semua jari tangan bisa menyentuh lantai bagian belakang, wah selamat berarti  lentur seperti orang yang berumur kurang dari 25 tahun dan lolos tahap 2 ini. Jika ternyata hanya bisa menyentuhkan ujung jari ke lantai depan saja, itu termasuk sudah bagus tetapi tetap membutuhkan latihan lebih lanjut ya.

3. Selanjutnya cek kelenturan leher dan pinggang Anda.
Brightside.me
Jika hanya bisa melakukan seperti gambar sebelah kiri ini menandakan usia kelenturan  sudah tidak seperti remaja lagi sehingga perlu latihan lebih lagi nih. Tetapi kalau  pada tahap 3 ini masih dengaan mudahnya bisa melakukan gerakan ini hingga dapat meraih tumit, berarti lolos lagi nih tahap cek kelenturan tubuh. Ayo cek selanjutnya!

4. Mari cek kelenturan pinggul dan lutut kaki Anda.
Brightside.me
Jika UCers bisa melakukan gerakan pada gambar yang bawah selama 2 menit, berarti kemampuan kelenturan tubuh masih sebagus kelenturan anak kecil nih. Wah masih muda dong kualitas tubuh ! Kalau hanya bisa melakukan gerakan sebatas gambar yang atas, berarti perlu latihan lagi nih biar kelenturannya sama seperti anak yang masih muda nih. Semangat latihan!

5. Cek tahap terakhir nih, cek kelenturan kedua sendi lutut yuk!
Brightside.me
Jadi, kalau dapat dengan mudahnya membentuk huruf "A" pada tubuh Anda ini berarti Anda memang pantas disebut masih muda loh. Bila Anda kesulitan dalam melewati beberapa tahap di atas berarti usia Anda seperti sudah di atas 30 tahun. Dan jika Anda tidak lolos dalam semua langkah di atas berarti usia tubuh Anda sudah seperti orang berusia 50 tahun, dan saya juga yakin Anda tidak dekat dengan olahraga iya kan?

Nah, bagaimana bisa melalui tahap nomor berapa saja nih? Perlu diperhatikan karena penting sekali untuk rajin olahraga nih, kan senang dong ya kalau sudah 40 tahunan tapi masih lincar dan lentur seperti usia muda. Yang belum lentur, semangat latihannya ya! Supaya nggak malu-maluin masa masih muda tapi usia kelenturan tubuh sudah kaya usia di atas 50 tahun.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.