Orang Ber-EQ Rendah Punya 5 Tanda Gampang Dikenali Seperti ini

Secara sederhana EQ (Emotional Quotient) atau kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memanajemen emosi diri sendiri juga ketika berhubungan dengan orang lain. Dengan kata lain, rendah dan tingginya EQ seseorang tercermin dari sikap baik dan buruknya di keseharian. Ini tentang sikap (attitude).
Nah, berikut ini ada 5 tanda yang gampang kita lihat di kehidupan sehari-hari. Semoga kita bukan termasuk di dalamnya:
1 .Suka Buang Sampah Sembarangan
Pernah melihat orang buang sampah sembarangan dari kendaraan atau buang sampah bukan pada tempatnya? Itulah tanda paling sederhana seseorang yang tidak bertanggung jawab. Hanya mementingkan diri sendiri. Tidak peduli dampak buruk dari sampah yang dibuangnya sembarangan. Padahal perbuatannya tersebut bisa membahayakan pengemudi lain dan yang jelas mengotori jalan.
2. Menyerobot Antrian
http://bangyogi.blogspot.co.id/2014/09/foto-polisi-serobot-antrian-bbm-di.html
Budaya antri mengajarkan kita tentang kesabaran, sabar menunggu giliran. Pada ilustrasi di atas, terlihat seorang oknum penegak hukum yang menyerobot antrian dan minta dilayani duluan. Itu namanya memakan hak giliran orang lain.
3. Suka Memposting 'Sampah' di Akun Sosmednya
https://www.brilio.net/duh/8-kelakuan-warganet-pamer-nangis-di-media-sosial-ini-sungguh-terlalu-171024b.html#
Tanda orang ber-EQ rendah juga terlihat dari caranya bersosial media. Tanda-tandanya antara lain: suka memposting keluh kesa, posting muka sedih sembari menangis meratap, memajang foto konyol yang memalukan diri sendiri juga terkadang orang lain, menggunakan nama akun dan tulisan alay, marah dan memaki di sosial media. Orang seperti ini menganggap sosial media berada di dunia lain/dunia maya sehingga bebas melakukan apa saja. Padahal dunia maya adalah bagian dari dunia yang nyata ini. Dampak perbuatan buruk di dunia maya akan dituai di dunia nyata. Karena memang berada pada dunia yang sama. Untuk lebih detail terkait pembahasan ini bisa baca artikel saya yang berjudul "Orang yang Ber-EQ Rendah Suka Posting 5 Hal ini di Sosmed."
4. Malas Bersosialisasi
http://www.softilmu.com/2014/07/pengertian-dan-sikap-anti-sosial.html
Kesukaannya menyendiri. Tidak suka bergaul. Yang lebih parah tidak kenal-tidak tahu nama tetanggga sebelah rumah. Dia terlalu sibuk dengan urusan diri sendiri, sehingga mengabaikan keberadaan orang-orang sekitar. Baginya sekadar ngobrol-akrab dengan tetangga adalah kesia-siaan.
5. Banyak Bicara, Sedikit Mendengar, Cepat Berasumsi
http://pinkkorset.com/2015/bos-perempuan-yuk-kontrol-emosi/
Di forum rapat pernah menemukan seseorang yang suka main nada tinggi dan sangat bersikeras dengan pendapatnya? Bila mendengar penjelasan dari pendapat lain, dia akan enteng menyebut pendapat orang lain itu salah tanpa menghiraukan apakah orang tersebut tersinggung apa tidak. Banyak sekali bicaranya, tapi sedikit mendengarkan. Seolah sudah menjadi manusia paling benar di muka bumi. Mereka juga gampang berasumsi, menilai dari sesuatu yang muncul/tampak tanpa melakukan klarifikasi kebenaran terlebih dahulu.

Itulah 5 tanda orang ber-EQ rendah yang gampang kita kenali di kehidupan sehari-hari. Semoga kita bukan termasuk di dalamnya. Yang dibahas pada artikel ini hanya 5, sedangkan tentu masih banyak tanda yang bisa kita lihat. Bagi yang punya referensi dan tambahan, silahkan berbagi di kolom komentar ya. Berkomentar yang sopan dan berisi juga pertanda kita bukan orang yang ber-EQ rendah ^_^

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.